Brebes, 22 Januari 2024, Universitas Terbuka (UT) Purwokerto menggelar acara Koordinasi Pengurus Kelompok Belajar di Wilayah Kabupaten Brebes. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Dian Brebes ini dimulai pukul 11.00 hingga 15.30 dan dihadiri oleh Direktur UT Purwokerto, Dr. Prasetyarti Utami, S.Si, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, serta 28 pengurus pokjar yang aktif berkontribusi dalam dunia pendidikan.

Koordinasi ini bertujuan untuk memperkuat keterlibatan dan kerjasama antara pengurus kelompok belajar di wilayah Kabupaten Brebes. Dengan melibatkan pihak Universitas Terbuka,  pemerintah daerah, dan pengurus kelompok belajar, diharapkan dapat terwujud sinergi yang lebih baik untuk mendukung proses pembelajaran di masyarakat.

Direktur UT Purwokerto, Dr. Prasetyarti Utami, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada semua pengurus kelompok belajar yang telah aktif berperan dalam menyukseskan program pembelajaran Universitas Terbuka. Beliau juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pihak universitas, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam mendukung pendidikan tinggi di wilayah Kab.Brebes.

Acara ini menjadi sarana bagi para pengurus kelompok belajar untuk berbagi pengalaman, bertukar ide, dan merumuskan strategi bersama dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas kelompok belajar dalam peningkatan jumlah. Diskusi kelompok, workshop, dan sesi tanya jawab menjadi bagian integral dari kegiatan ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, yang turut hadir dalam acara ini, menyambut baik inisiatif UT Purwokerto dalam memperkuat kerjasama di bidang pendidikan. Beliau berharap melalui kegiatan ini, dapat tercipta langkah-langkah konkret untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Brebes.

Dengan agenda yang beragam dan penyusunan rencana strategis, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi kelompok belajar untuk lebih berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Hasil pertemuan dengan Kepala Dinas Pendidikan Kab.Brebes saat kegiatan pertemuan dengan pokjar Wilayah Brebes. Bahwa Kadin pendidikan, sangat suport terhadap peningkatan IPM (Indeks Pengembangan Manusia) di wilayah Brebes. Indikator peningkatan IPM dapat diukur melalui rata lama sekolah masyarakat.  Salah satu program Pemerintah dalam meningkatkan IPM, yang akan diimplementasikan melalui Dinas Pendidikan adalah membangun kolaborasi dengan UT, karena UT sebagai satu2nya  Perguruan Tinggi Negeri yang membuka keleluasaan akses pendidikan tinggi yang sangat luas bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dimana dengan sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh, UT tidak membatasi siapapun yang akan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi baik yang sudah bekerja maupun yang belum bekerja, syarat masuk UT hanyalah  memiliki ijazah SLTA/sederajat. UT memanfaatkan teknologi digital dalam sistem pembelajaran dan ujian secara online. Kepala Dinas Pendidikan, menyampaikan akan bekerja sama dengan Dinas2 lainnya untuk memberikan program beasiswa kepada masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke UT.

Harapannya kerjasama dengan UT adalah solusi untuk semakin meningkatkan IPM kabupaten Brebes. Direktur UT Purwokerto menyampaikan, bahwa program pemerintah Brebes ini seiring dengan mandat pemerintah yang diberikan kepada UT untuk meningkatkan APK Perguruan Tinggi dan optimis menuju satu juta mahasiswa UT seluruh Indonesia. Direktur UT Purwokerto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Brebes atas suportnya terhadap pendidikan dan kepercayaannya kepada Universitas Terbuka.

The post Koordinasi Pengurus Kelompok Belajar UT Purwokerto di Kabupaten Brebes: Meningkatkan Sinergi untuk Pendidikan Berkualitas first appeared on UT Purwokerto.

Open chat
Hallo, ada yang bisa kubantu?